Rabu, 27 April 2016

Beda Sistem Gerak 4x4 Pajero Sport

Mitsubishi All-New Pajero Sport varian 4WD dilengkapi dengan fitur Super Select 4WD-II yang punya empat pengaturan cara kerja sistem gerak. Bagaimana sih kerja dan fungsinya?
Empat pilihan itu yaitu 2H (gerak roda belakang), 4H (gerak semua roda tanpa differential), 4HLc (gerak semua roda, central differentialmengunci), dan 4LLc (gerak semua roda, central differential mengunci,low gears).
Febri Ardani/KompasOtomotifTombol pengaturan fitur Super Select 4WD-II.
CarADvice mengulas cara kerja masing – masing dan dipaparkan dalam video berdurasi singkat. Tapi sebelum kita lihat videonya, mari dibahas dulu perbedaannya.
4WD pada Pajero Sport tergolong part time sebab bisa beralih dari gerak empat roda ke hanya dua roda belakang. Saat mesin cuma menggerakan dua roda belakang, kondisi ini dinamakan 2H. Salah satu fungsinya menghemat pemakaian bahan bakar.
4H biasanya dipakai hanya saat medan mulai berat, tapi sistem 4H pada Pajero Sport bisa digunakan pada semua kondisi permukaan jalan. Dalam mode 4H, axle depan aktif jadi kedua roda depan juga mendapat torsi dari mesin bersama roda belakang.
Dalam mode itu komputer mengatur kerja setiap ban. Ketika mobil digunakan menanjak, kita bisa lihat setiap ban seperti mencari traksi sendiri – sendiri alias tidak bergerak bersamaan.
Sama seperti 4H, saat 4HLc dipakai berarti semua roda bekerja, tapi bedanya central differential lock aktif. Artinya, setiap ban tidak bekerja sendiri – sendiri lagi melainkan bergerak bersamaan.
Pada 4LLc, prinsipnya sama seperti 4HLc, hanya saja bekerja menggunakan torsi lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar